Jumat, 23 Maret 2012

Apa sih maksudnya variable dalam php?

Mungkin pertanyaan itu terngiang di otak Anda. Sama seperti saya, dulu saat saya baru belajar php, saya juga bingung apa sih maksudnya variable. Setelah saya tanya-tanya dan coba memahami dari berbagai tutorial, akhirnya saya paham.

Anda mungkin pernah belajar matematika. Di pelajaran itu sebenarnya sudah dibahas apa itu variable. Tapi memang agak berbeda.

Contoh:
2x + 3x = 10
3x – 2x = 3

2, 3 adalah konstanta. Dan x adalah variable. Dari pernyataan di atas, bisa kita ketahui bahwa x=2 (contoh 1) dan pada contoh ke dua x=3. Kesimpulannya, nilai dari x (variable) bisa dirubah (tidak tetap).
Sama dengan php. Variable adalah sesuatu yang memiliki nilai dan nilainya tidak tetap (bisa dirubah).

Contoh:
$aku = “Andika”;
$aku = “Saya”;

Ada yang perlu menjadi perhatian pada variable dalam php. Pada sebuah halaman yang mengandung php, nama setiap variable harus berbeda. Ini dilakukan untuk menghindari kebingungan server akan nilai sebuah variable. Ibarat ada orang yang memiliki nama yang sama di dalam sebuah kelas. Pasti guru akan kebingungan ketika akan memanggil salah satu diantara mereka.

Melalui contoh di atas, bila kita akan mengeksekusi variable aku, web server akan bingung mana yang akan dieksekusi, yang bernilai Andika atau Saya.

Penulisan variable dalam script php harus diawali tanda dollar ($) diikuti huruf atau underscore (_) kemudian bisa diikuti huruf ataupun angka.

Kira-kira ini yang bisa saya bagikan. Jika belum paham atau masih bingung bisa komen dibawah.

10 komentar:

too simple.
but thx before.

maaf bru bljar nulis. Smoga paham. :D

artikel sungguh luar biasa. terimakasi sobat

ya, sama-sama. makasih dah berkunjung.

mkasih infonya,,,,
salam kenal

nice infonya,,makasih dah share,,

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More